Beta Guru Sudah

Beta Guru Sudah
  • Version
  • 2 Download
  • 4.46 MB File Size
  • 1 File Count
  • June 24, 2019 Create Date
  • June 24, 2019 Last Updated

Beta Guru Sudah

 

Penulis: Sekolah Guru Indonesia

Jakarta: Dompet Dhuafa, 2013

xiv, 248 hal.; 20 x 14 cm

ISBN: 978-602-7807-11-2

 

Bulan purnama bersinar terang saat tengah malam. Tiba-tiba pintu rumah dinas Haryati diketuk dari luar. Suara meraung sambil mengetuk pintu. Ketukan yang cukup kencang hingga membangunkan penghuni rumah. Haryati, guru muda baru, seorang diri di tengah pulau asing. Ia pun merasa terintimidasi oleh makhluk yang tak pernah terbayangkan wujudnya. Terpaku diam dan memohon perlindungan kepada Tuhan, hanya itu yang bisa ia lakukan. Ya, hanya itu yang bisa dilakukan sang pejuang pendidikan dari Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa.

Berjam-jam didera ketakutan, intimidasi pun berakhir. Malam-malam kembali seperti semula. Warga setempat meyakini suara ituberasal dari makhluk jadi-jadian. Tapi, itu bukan halangan untukmemperjuangkan sebuah niat suci: berbagi masa depan untuk anak-anak Buku Limau di Kepulauan Bangka Belitung.

Memang klise kedengarannya, namun itulah keyakinan. Kalau bukan keyakinan, lalu apa? Apakah gaji pas-pasan yang membuatnya bertahan? Apakah sensasi horor pulau terpencil yang eksotis? Ataukah air payau yang selalu menyegarkan kala mandi di pagi hari? Atau keterbatasan listrik, dan bahan-bahan makanan yang harus diimpor dari luar pulau?

Melupakan kenyamanan dan memilih mengabdi di pelosok-pelosok negeri, seperti ditempuh Haryati dan puluhan guru muda SGI, bukanlah ajang mencari sensasi apalagi publikasi. Sebagaimana diceritakan dalam buku ini, laku sepi di lokasi-lokasi penempatan menempa kedewasaan mereka. Mereka menempa dengan jalan berbagi kepada anak bangsa yang kerap luput kita perhatikan adanya. Melalui pendidikan, guru muda SGI menabalkan optimisme hidup di Indonesia pada saudara barunya di daerah, dan saat yang sama mereka menguatkan kepercayaan diri bahwa mereka adalah pendidik sejati. Ya, bahwa mereka berhak berkata, "Beta guru sudah!"


File
Beta Guru Sudah_opt.pdf