Manfaat Membaca Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Bagi Perubahan Perilaku Pembacanya (Studi Kasus Pusat Sumber Belajar Dompet Dhuafa Bogor)

[featured_image]
  • Version
  • Download 58
  • File Size 697.49 KB
  • File Count 1
  • Create Date Oktober 20, 2022
  • Last Updated Oktober 20, 2022

Manfaat Membaca Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Bagi Perubahan Perilaku Pembacanya (Studi Kasus Pusat Sumber Belajar Dompet Dhuafa Bogor)

Penelitian ini membahas mengenai manfaat membaca novel Negeri 5 Menara. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana novel Negeri 5 Menara dapat memberi manfaat bagi pembacanya, terutama dalam merubah perilaku pembacanya. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara terhadap pembaca novel Negeri 5 Menara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat utama yang timbul adalah perilaku optimis dan pembentukan karakter pergaulan sehat antar teman, yang dilakukan dengan mengamalkan man jadda wa jada, man shabara zhafira, belajar bersama, serta saling memotivasi. Selain itu pembaca juga diarahkan agar berani bercita cita tinggi seperti menguasai bahasa asing dan melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri. Ini artinya novel Negeri 5 Menara cukup memberikan manfaat baik dalam merubah perilaku pembacanya. Karena itulah, sebaiknya pembaca semakin menambah wawasannya dengan saling berdiskusi mengenai novel yang memotivasi sehingga mempunyai referensi bacaan berkualitas, serta sebaiknya PSB menambah variasi novel yang bertemakan motivasi lainnya.

Attached Files

FileAction
2018 - SKRIPSI - UINJKT - Manfaat Membaca Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Bagi Perubahan Perilaku Pembacanya (Studi Kasus Pusat Sumber Belajar Dompet Dhuafa Bogor).pdfDownload