STUDI FENOMENOLOGI PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK, SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DHUAFA (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa)

[featured_image]
  • Version
  • Download 43
  • File Size 1.42 MB
  • File Count 1
  • Create Date Oktober 11, 2023
  • Last Updated Oktober 11, 2023

STUDI FENOMENOLOGI PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK, SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DHUAFA (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa)

Penulis: Dameria Karmelita 11160000289 Program Studi S-1 Akuntansi

Dosen Pembimbing : Dr. Nursanita, SE, Ak, ME, CSRA

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara LAZ Dompet Dhuafa dalam menghimpun dana ZIS dan untuk menganalisis bagaimana cara pendistribusian ZIS Dompet Dhuafa dalam meningkatkan ekonom duafa, untuk menganalisis bagaimana strategi yang dilakukan LAZ Dompet Dhuafa dalam meningkatkan ekonomi keluarga dhuafa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dengan cara wawancara langsung dengan bagian yang bersangkutan. Data sekunder diperoleh dari www.dompetdhuafa.org yaitu berupa laporan tahunan dan artikel mengenai program kerja Dompet Dhuafa yang terdapat di website Dompet Dhuafa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara menghimpun dana Zakat, Infak, Sedekah ialah dengan pertama muzaki mentransfer ke rekening Dompet Dhuafa, dan yang kedua Dompet Dhuafa mengangkat isu-isu kemanusian dan kemiskinan untuk mengajak partisipasi masyarakat berdonasi. Upaya dalam pendistribusian ZIS di Dompet Dhuafa dengan cara tiga tahap yaitu, pertama konsep program yang jelas, kedua program bantuan berkelanjutan, ketiga dapat melibatkan partisipasi banyak orang. Strategi pengelolaan yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam meningkatkan ekonomi keluarga dhuafa yang pertama dengan cara melihat potensi pasar yang ada yaitu melalui sebuah program pemberdayaan dengan memberikan pelatihan kepada para mustahik agar para mustahik memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan. Strategi yang terakhir mrngaktifasi masyarakat yaitu memberikan bantuan kepada para mustahik yang mengalami kendala dalam menjalankan usahanya. Program Dompet Dhuafa dalam meningkatkan Ekonomi Keluarga Dhuafa pada tahun 2019 terdiri 6 kegiatan program.

Attached Files

FileAction
SKRIPSI – STIE INDONESIA JAKARTA - STUDI FENOMENOLOGI PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK, SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DHUAFA (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa).pdfDownload