Usulan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus Lembaga Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa)

[featured_image]
  • Version
  • Download 95
  • File Size 1.40 MB
  • File Count 1
  • Create Date Oktober 21, 2022
  • Last Updated Oktober 21, 2022

Usulan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus Lembaga Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa)

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) merupakan sebuah lembaga kesehatan nirlaba, bagian dari organ Dompet Dhuafa. LKC telah banyak mengalami proses adaptasi terhadap zaman. Salah satu bukti konkritnya adalah pengadaan staf TI serta penggunaan aspek TI pada pelayanan. Namun pengelolaan aspek TI belum dapat dilakukan sesuai dengan yang diharapkan, karena belum adanya standar terkait tata kelola TI yang diterapkan. Permasalahan yang dihadapi LKC seperti kebutuhan jumlah SDM yang kompeten belum terpenuhi, ketergantungan kepada satu individu kunci, penilaian kinerja karyawan yang tidak terdokumentasi dengan baik, pemberlakuan punishment yang tidak diiringi dengan sistem reward kepada karyawan, ketergantungan kepada pihak ke-3 dalam maintenance aplikasi organisasi, serta sulitnya SDM dalam beradaptasi dengan pembaruan aspek TI/SI yang ada. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 dengan tahapan Assessment Process Activities. Domain yang digunakan dalam penelitian ini adalah APO07 (Manage Human Resource) dan BAI02 (Manage Requirements Definition). Hasil dari penelitian ini untuk domain APO07 dan BAI02 berada pada level 1 dengan masing-masing gap sebesar 1,03 untuk APO07 dan 1,0 untuk BAI02 dengan skor pemenuhan process attribute level masing-masing untuk setiap domain adalah sebesar 50% (Largely Achieve) untuk APO07 dan 0,111% (Not Achieve) untuk BAI02. Untuk mencapai kondisi yang diharapkan pada setiap domain yaitu level 2, LKC harus memenuhi process Attribute level pada level 1 untuk setiap domain dengan tingkat pencapaian sebesar 85%-100% (fully achieved). LKC direkomendasikan untuk memenuhi dokumentasi terkait kebutuhan SDM, meminimalkan ketergantungan pada individu kunci, meninjau evaluasi kinerja karyawan, tinjauan terhadap pemberian reward dan punishment dan dokumen terkait pencatatan dan memitigasi risiko dari pembaruan dan pengembangan aspek TI.

Attached Files

FileAction
2019 - SKRIPSI - UINJKT - Usulan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus Lembaga Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa).pdfDownload