Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan yayasan Dompet Dhuafa)

[featured_image]
  • Version
  • Download 44
  • File Size 1.19 MB
  • File Count 1
  • Create Date Oktober 21, 2022
  • Last Updated Oktober 21, 2022

Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan yayasan Dompet Dhuafa)

Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba islam di Indonesia. Sebagai lembaga swadaya masyarakat Yayasan Dompet Dhuafa tumbuh dari kepercayaan publik terhadap lembaga. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat adalah dengan menunjukkan kinerja karyawannya. Kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu budaya organisasi, kepemimpinan, disiplin kerja, komitmen organisasi dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan, disiplin kerja dan komitmen organisasi secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan di Dompet Dhuafa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 orang karyawan Dompet Dhuafa sebagai responden yang dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Dan dengan menggunakan analisis regresi berganda penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi, disiplin kerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai Fhitung 13,853 > Ftabel 2,59. Hasil uji signifikan parsial dari analisis dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Budaya organisasi, dengan nilai thitung 3,773 > ttabel 2,018 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian berarti budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial. 2) Kepemimpinan, dengan nilai thitung -1,748 < ttabel 2,018 dan nilai signifikan 0,088 > 0,05. Dengan demikian berarti kepemimpinan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial. 3) Disiplin Kerja, dengan nilai thitung 3,545 > ttabel 2,018 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Dengan demikian berarti disiplin kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial.
4) Komitmen organisasi, dengan nilai thitung 2,761 > ttabel 2,018 dan nilai signifikan 0,009 < 0,05. Dengan demikian berarti komitmen organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial.

Attached Files

FileAction
2016 - SKRIPSI - UINJKT - Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan yayasan Dompet Dhuafa).pdfDownload