Pengukuran Perilaku Penerimaan Pengguna Dompet Dhuafa Enterprise System (DESI) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

[featured_image]
  • Version
  • Download 47
  • File Size 1.92 MB
  • File Count 1
  • Create Date Oktober 21, 2022
  • Last Updated Oktober 21, 2022

Pengukuran Perilaku Penerimaan Pengguna Dompet Dhuafa Enterprise System (DESI) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

Dompet Dhuafa Enterprise System (DESI) merupakan sistem yang dibuat pada tahun 2015. Awalnya dibuat untuk menggantikan Sistem Administrasi Fundrising (SANDRA) di Dompet Dhuafa karena SANDRA merupakan aplikasi yang berbasis di desktop. Untuk saat ini DESI hanya digunakan untuk fungsi budgeting dan fungsi Tebar Hewan Kurban (THK). DESI yang memiliki fungsi harian seperti budgeting dan fungsi musiman dalam THK. Dalam pelaksanaannya, DESI yang merupakan sistem berbasis web ini terkadang menjadi sulit diakses saat hosting yang digunakan mengalami masalah. Hal itu tentunya membuat fungsi budgeting yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari menjadi tidak langsung bisa dilaksanakan. Fungsi THK dalam DESI juga tidak lepas dari adanya masalah, salah satunya adalah adanya relawan-relawan tidak langsung memasukkan data-data calon pekurban ke dalam DESI saat pelaksanaan THK. Data yang baru dimasukkan ke dalam DESI pada hari Tasyrik pertama misalnya, akan membuat pekerjaan di divisi lain bertambah. Berbeda seandainya hal itu sudah dilakukan dari sebelum hari raya kurban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada perilaku penerimaan pengguna DESI. Dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan menggunakan PLS-SEM untuk pemrosesan data dan menggukan aplikasi SmartPLS versi 3. Ada 6 variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu perceived usefulness, perceived easy of use, format, attitude toward using, behavioral intention to use, dan actual system usage. Dari 7 hipotesis yang diajukan terdapat 1 hipotesis yang tertolak, yaitu path attitude toward using terhadap behavioral intention to use.

Attached Files

FileAction
2019 - SKRIPSI - UINJKT - Pengukuran Perilaku Penerimaan Pengguna Dompet Dhuafa Enterprise System (DESI) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM).pdfDownload